Knowledge Sharing, e-Marketing Capability, Marketing Performance: Studi pada Inkubator Bisnis UPN “Veteran†Jawa Timur
Lia Nirawati, Rangga Restu Prayogo
Abstract
Kegiatan pemasaran dimasa kini telah beralih menggunakan teknologi informasi untukmengatasi tantangan tentang keberlanjutan pemasaran untuk mendapatkan lebih banyakdari sumber daya sekaligus memenuhi harapan yang lebih besar untuk membangunhubungan yang tahan lama dengan pelanggan. Kemampuan e-marketing mewakiliorganisasi bisnis untuk berkompetensi dalam penggunaan internet dan teknologiinformasi lainnya untuk dapat memfasilitasi interaksi yang efektif dan efisien kepadapelanggan. Salah satu pemasaran yang sedang berkembang yaitu e-Marketing capability.Peran teknologi informasi membantu organisasi bisnis untuk dapat melakukan aktivitaskemampuan pemasaran secara online. Berbagai kemampuan organisasi dalammengelolah pemasaran berbasis elektronik berbasis pada berbagi pengetahuan yangdilakukan organisasi bisnis untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Tujuan penelitian inidilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh knowledge sharing dan e-Marketingcapability terhadap marketing performance. Jenis Penelitian menggunakan eksplanatorydengan pendekatan kuantitatif dengan responden mahasiswa yang memiliki produk yangdipasarkan di Inkubator bisnis, FISIP, UPN “Veteran†Jawa timur. Kuesioner diberikankepada responden sebanyak 101 dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa knowledge sharing tidak dapat memberikan pengaruhterhadap e-Marketing capability, knowledge sharing dapat memberikan pengaruhterhadap marketing performance, dan e-Marketing capability tidak dapat memberikanpengaruh terhadap marketing performance.